Saturday 20 January 2018

Day 1 - Kenapa Menulis Blog

Foto: connectnigeria.com
Pertama kali mengenal dunia per-blog-an (apaan nih), ketika itu tahun 2007 di sekolah Sekolah Menengan Atas saya. Makara waktu itu internet gres masuk di sekolah kami. Kebetulan aku yang tertarik sekali dengan dunia komputer waktu itu, jadi semangat bolak balik perpustakaan. Soalnya waktu itu komputer yang internetnya aktif hanya di ruang perpustakaan, dan sangat beruntung alasannya yaitu satu sekolah yang minat sama internet hanya 2 siswa saja. Saya dan satu anak lelaki, yang aku lupa namanya (tenang saja, gak ada dongeng kami jadian, kok).


Waktu itu, di sekolah kami juga selalu mangkal satu orang mahasiswa Universitas Hasanuddin yang lagi PKL apa KKN ya di sekolah kami, entahlah. Intinya, ia lah yang memperkenalkan aku kepada dunia per-blog-an ini, tapi aku juga lupa namanya siapa wkwkw. Padahal waktu itu ada kejadian tembak menembak, tapi aku malah kabur alasannya yaitu tidak tertarik sama doi wkwkwk..

Nah, waktu itu aku diperkenalkan dengan wordpress dan blogspot. Tampilan wordpress yang sederhana membuatku tertarik mempelajarinya. Kebetulan juga aku punya hobi menulis, jadi sedikit tersalurkanlah, daripada tulis diary di buku trus ketauan sama emmak wkwkw kan malu... Makara waktu itu blog aku masih di private saja, untuk menyalurkan ke-baper-an diri ini. Hahahah.

Tidak usang sesudah diperkenalkan wordpress, aku mulai berguru lagi dengan blogspot. Ternyata kurang lebih sama saja sih. Hanya waktu itu, mungkin alasannya yaitu masih gres sekali, para blogger masih "kaget" dengan kemampuan blogspot memunculkan kode-kode html di widget sidebarnya, tampilan blogspot kala itu norak banget, penuh dengan blink blink, tapi bahwasanya inilah daya tariknya waktu itu hahahaa dan aku termasuk yang tertarik alasannya yaitu itu.

Makin hari aku merasa, kok rasanya sia-sia banget ya aku menulis di blog tapi isinya hanya curhatan baper terus, wacana cinta pada abang kelas yang tak terbalaskan alasannya yaitu aku cintanya rahasia (ceritanya jadi secret admirer) wkwkwkw damai saja aku juga pernah jadi cukup umur yang begitu. Makara aku berpikir gimana jika pelajaran sekolah aku tulis di blog, supaya bisa membantu orang lain menemukan tanggapan atas segala doanya. Yah, namanya jaman dulu ya, hape masih pada nokia. Mau secanggih apapun jika untuk main internet susah banget, jadi niat wangi untuk menulis blog semoga bisa dipanggil pas ujian, tak mungkin ada.

Lama-lama aku share wacana kiprah sekolah, kemudian aku lanjut copas goresan pena blog orang lain yang ceritanya menggugah hati. Ceritanya kalo di instagram nih, REPOST. Ya, waktu itu aku bahagia repost, tapi kan ya belum tau gimana sih caranya jadi blogger yang baik hati dan disayang google :D

Akhirnya, aku share deh wacana pengalaman pribadi, apa saja yang telah aku lalui serta banyak tutorial wacana apa saja. Ternyata banyak yang suka dan terbantu dengan goresan pena saya. Makara bahagia deh, alasannya yaitu adanya perasaan "bermanfaat" bagi orang lain lah yang membuatku terus menulis di blog. Yah meskipun alamat blognya ganti-ganti, tapi yang penting jadi bermanfaat dulu lah :D

Nah, begitulah ceritanya kenapa aku hingga kini suka sekali menulis di blog. Panjang banget yak ceritanya :D Tapi begitulah blogger, bahkan bahwasanya bisa dijawab "supaya bermanfaat bagi orang lain", tapi kalo sama blogger jawabannya bisa jadi cerpen wkwkw..

Sekian dulu lah, sudah pagi disini, waktunya siapkan sarapan untuk suami dan anak-anak.




EmoticonEmoticon