Tuesday 16 January 2018

Variabel Nol Balasannya Dikeluarkan Secara Sah

Dua malam saya bergelut dengan uji perkiraan klasik, entah itu uji normalitas K-S yang bermasalah, uji multilinearitas atau uji heteroskedastisitas. Intinya selalu bermasalah. Data tidak normal, jadinya saya transformasi dengan Ln(X+1) soalnya data saya banyak angka nol nya, sehabis normal, muncul lagi dilema VIF berada di atas 10! Tidak usang ada pemberitahuan dari SPSS bahwa ada dua variabel yang tidak dapat diproses alasannya konstan. Ughhh... bikin stress ya.. 

Akhirnya, pagi ini saya hub pembimbing dan memberikan kegalauan hati saya perihal pengolahan data ini. Saya memberikan bahwa apakah 2 variabel X saya dapat dikeluarkan alasannya angkanya memang nol semua sehabis dikeluarkan outliers. Variabel ini yaitu indikator dari tata kelola perusahaan, yaitu kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Memang sih pada perusahaan mining yang list di BEI, kebanyakan sahamnya dimiliki oleh asing.

 Dua malam saya bergelut dengan uji perkiraan klasik Variabel Nol Akhirnya Dikeluarkan Secara SAH
Gambar: dokumentasi pribadi

Gambar di atas yaitu penampakan data mentah saya sehabis di lakukan pool dataMemang terlihat banyak banget data berangka nol nya, ya kan? Kalaupun disana ada angka yang saya garis merah, mereka hanya akan menjadi outliers, dikeluarkan. Makara sehabis mereka dikeluarkan, ya tentu saja yang lain hanya akan menjadi angka kosong yang tiada berarti, spss akan keluarkan secara otomatis, ga dapat dihitung, soalnya ya angka nol mau di log berapapun, diakar berapapun meski sudah di transformasi Ln(x+1) ya tetap aja ga dapat diolah sama spss.

Jadi, dalam penelitianku ini yang berjudul "Peran profitabilitas dalam memediasi imbas tata kelola perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan", resmi variabel kepemilikan intitusional dan manajerial dikeluarkan ya.. Jangan ada lagi dendam diantara kita.


EmoticonEmoticon