Tuesday 23 January 2018

Review Gendongan Easy Wrap Baby K'tan

Melahirkan anak kedua merupakan pengalaman gres bagi saya. Semuanya sangat berbeda dibandingkan dengan anak pertama dulu. Waktu habis melahirkan anak pertama, lingkunganku mendoktrin biar tidak menggendong anak biar tidak terbiasa digendong. Alhasil, si abang Q sampai ketika ini memang tidak begitu suka digendong. Padahal penelitian lebih lanjut menyampaikan bahwa menggendong sangat bermanfaat bagi si bayi. (silahkan googling).

Melahirkan secara caesar membuat saya harus bolak-balik ke dokter untuk memeriksakan kondisi bekas operasiku. Tidak tanggung-tanggung, saya harus memeriksakan bekas luka sampai usia anak saya satu bulan. Berhubung adek B full direct breast feeding a.k.a menyusui di tubuh secara langsung, otomatis adek B harus ikut serta kemana pun saya pergi.

Awalnya saya hanya menggendongnya tanpa alat bantu, tapi rasanya lenganku menyerupai mati rasa ketika menggendong di atas 5 menit. Akhirnya saya kepikiran untuk membeli gendongan kaos berbentuk sling instan yang lagi kekinian, namun rasanya kurang cocok untuk newborn karena satu lengan masih dimanfaatkan untuk menahan leher bayi yang masih belum kuat.

Kemudian saya coba searching di google dan menemukan baby wrap. Rasanya kok bagus, terlihat sangat nyaman bagi si baby, namun alasannya ialah gendongan berbentuk wrap berupa kain panjang yang dililit di tubuh si ibu, rasanya sangat ribet jikalau harus saya gunakan. 

Saya hampir menyerah, saya buka-buka facebook dan tiba-tiba muncul iklan baby wrap merk Baby K'Tan beserta harganya. Saya kaget melihat harganya yang tidak sama dengan baby wrap pada umumnya yang hanya berkisar 100rban. Saya berpikir gendongan wrap macam apa ini, kenapa dijual dengan harga di atas biasanya, niscaya produk impor. 

Benar saja, ternyata Baby K'Tan ialah gendongan wrap impor, harga belinya tergantung beli dimana. Saya pribadi membelinya di tokopedia dengan harga 520rb rupiah untuk yang original. Oh iya, gendongan ini ada beberapa jenis ya, ada yang breeze, active, dan original. Kebetulan saya mendapat tipe original untuk size yang saya pakai. Waktu itu alasannya ialah buru-buru akan segera digunakan pulang ke tanah rantau, balasannya gak milih tipe dan warna lagi deh, yang penting muat.

Gendongan Baby K'Tan Original Eggplant. M-shape / Hug Positition
Pertama kali memegang gendongan ini, kainnya benar-benar soft. Terbuat dari kain katun, namun katunnya sangat berbeda dengan gendongan katun dari Indonesia. Benar-benar nyaman buat si ibu dan si bayi, loh!

Gendongan ini disebut easy wrap karena memang tidak perlu lilitan yang banyak untuk menggunakannya. Gendongan ini terdiri dari dua kain yang sudah dijahit lalu disatukan dengan cincin dari kain juga (ngerti gak sih heheh ribet baget ya). Intinya untuk memakai gendongan ini, kita tidak perlu lilitan yang sangat banyak menyerupai gendongan wrap pada umumnya.

Selain itu, gendongan ini juga sangat nyaman digunakan untuk newborn, sama sekali tidak akan menggaggu pertumbuhan si bayi alasannya ialah kita dapat memakai posisi kangguru ketika menggendong bayi kecil. Untuk bayi usia 2 bulan ke atas, kita sudah dapat memakai posisi M-Shape atau hug position. Oh iya, tas gendongan ini dapat dibuka untuk dijadikan pecahan dari gendongannya untuk digunakan jadi bentuk M-shape.

Gendongan Baby K'Tan Original Eggplant. Newborn / Kangoro Positition
Menggunakan gendongan baby k'tan, saya dapat memakai tangan saya untuk hal yang lain, contohnya masak, mencuci piring, menyapu atau sambil mengangkat barang. Intinya tangan jadi bebas digunakan untuk hal yang lain tanpa takut leher bayi yang belum berpengaruh jadi kemana-mana.

Oh iya, saya memakai ukuran M untuk berat tubuh 69kg (jangan ketawa ya, ini sudah turun 15kg) dan tinggi tubuh 160cm. Tapi rasanya kok agak longgar ya. Tapi gak papalah.. jikalau berat badanku turun nanti, dapat dijahit untuk diperkecil.

Saat memakai gendongan ini rasanya cukup nyaman di bahu. Namun tidak dapat dipungkiri jikalau digunakan dalam waktu yang lama, rasanya pegal juga. Untuk si bayi, saya perhatikan adek B tidur dengan sangat nyaman ketika digendong dengan gendongan ini, apa mungkin alasannya ialah usianya masih 2 bulan, ya? Entahlah, pada dasarnya gendongan ini cukup nyaman bagi ibu dan bayi.

Nah, sekian review saya wacana gendongan easy wrap Baby K'Tan. Bagaimana, tertarik mencoba, mams? Semoga membantu, ya!

mamsqi.com
Instagram: mamqifaya


EmoticonEmoticon