Thursday 18 January 2018

Mendidik Anak Dengan Kekuatan Fitrah

Tidak terasa sudah memasuki Nice Homework 4 di perkuliahan Intstitut Ibu Profesional Batch 7 ini. Rasanya makin usang aku makin tertatih-tatih mengerjakan tugasnya. Selain alasannya ialah tingkat kesulitannya yang makin usang makin tinggi, kondisi keseharian plus tubuh juga menciptakan aku harus mencuri-curi waktu untuk mengerjakan kiprah ini.

Baiklah, tak usah panjang lebar, pada NHW 1 aku pernah menulis bahwa aku ingin mendalami jurusan ilmu kehidupan di departemen kesabaran. Yah, i know it was weird. Sepertinya semua orang butuh itu. Setelah merenung beberapa waktu, aku merasa ilmu kehidupan disini ialah branding diri ya? Seperti yang pernah dikatakan oleh seseorang di kelas, yang aku lupa siapa, memperlihatkan citra wacana Tintin Rayner, yang sukses dengan masak-masaknya. Okay, I got it.

Jika memang ini wacana branding diri, tampaknya aku benar-benar ingin membranding diri aku dengan "seorang ibu yang membesarkan anak-anaknya dengan baik dan benar". Mulai dari masakan yang mereka makan, keputusan yang aku ambil selama proses membesarkan mereka, pendidikan mereka, hingga hal detail lain selama itu bekerjasama dengan proses membesarkan belum dewasa saya.

Lalu, apa kabar dengan NHW 2 wacana checklist harian? Well, jujur diantara semua yang pernah aku tulis, checklist terberat yang belum dapat aku laksanakan hingga detik ini ialah membaca buku. Saya belum menemukan celah waktu dimana aku dapat pergunakan untuk membaca buku, alasannya ialah aku ialah seorang ibu rumah tangga tanpa ART dan nanny serta belakangan ini kondisi kesehatan aku dan belum dewasa tidak begitu baik. Selain itu, sholat sempurna waktu pun masih tidak mengecewakan sulit aku laksanakan di beberapa waktu contohnya dhuhur dan ashar.

Misi hidup: memperlihatkan ide ke ibu lain bahwa membesarkan anak itu menyenangkan, termasuk menyediakan gizi yang cukup untuk mereka juga menyenangkan dan tak perlu mahal.
Bidang: Nutrisi dan Pendidikan Anak
Peran: Inspirator.

Adapun ilmu-ilmu yang aku perlukan untuk menjalankan hidup menyerupai yang aku sebutkan di atas adalah, sebagai berikut:

  1. Ilmu Ibu Profesional : Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha.
  2. Ilmu Nutrisi Anak : Gizi apa saja yang diharapkan untuk anak.
  3. Ilmu Homeschooling : Usia dini dan usia sekolah.
Milestone yang aku memutuskan untuk memandu perjalanan misi hidup aku dimulai dari KM 0 di tahun 2019, yaitu di usia aku yang ke 29 tahun.
KM 0 - 1 (2019) : Mempelajari seputar nutrisi anak dan pendidikan anak usia dini, mempraktikkannya dengan memperlihatkan nutrisi bagi belum dewasa aku dan pendidikan usia dini bagi mereka.
KM 1 - 2 (2020) : Menjaga terus nutrisi bagi belum dewasa aku dan terus meneruskan pendidikan anak usia dini bagi belum dewasa saya.
KM 2 - 3 (2021) : Menjaga terus nutrisi bagi belum dewasa aku dan mempelajari pendidikan anak usia sekolah. Memulai mendaftarkan anak pertama aku di PKBM untuk memasuki homeschooling usia sekolah. Terus menjadi praktisi homeschooling.
KM 3 - 4 (2022) : Tetap menjaga nutrisi belum dewasa saya, membuatnya senang berguru dan terus menjalankan kiprah sebagai ibu dan sahabat bagi belum dewasa saya.

Untuk koreksi checklist NHW 2, aku harus menambahkan membaca buku wacana nutrisi dan pendidikan anak.

Sekian postingan kali ini yang bekerjsama sudah sangat terlambat untuk dikumpulkan. 



EmoticonEmoticon