Tuesday 16 January 2018

Lakukan Ini Sebelum Input Data Ke Spss

Akhirnya kegalauan tentang pooling data yang sempat saya tulis sebelumnya, terjawab juga. Hari ini saya dikasih pola bagaimana cara pool data oleh pembimbing saya. Beserta cara-caranya. Nah, untuk mengikat ilmu, jadilah saya menulis di blog ini heheh :D Okay, let us do this.

FYI, saya menuliskan tesis berjudul "Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI 2013-2015". Saya memakai data bersumber dari ICMD dan Laporan Keuangan yang diambil di Bursa Efek Indonesia. Nah, data awal saya berupa serangkaian angka-angka yang tertera ibarat gambar di bawah ini:


 Hari ini saya dikasih pola bagaimana cara Lakukan Ini Sebelum Input Data Ke SPSS
Data 01
Gambar: dokuementasi pribadi

Nah, dari data yang di atas, belum dapat dimasukkan ke dalam SPSS, kenapa? ya sebab susunannya SALAH, totally wrong! Trus caranya gimana? Buka sheet baru, kemudian bikin format ibarat di bawah ini:

 Hari ini saya dikasih pola bagaimana cara Lakukan Ini Sebelum Input Data Ke SPSS
Pool Data
Gambar: dokumentasi pribadi
Jadi, datanya ditarik turun ke bawah. Untuk melakukannya tinggal copy dan paste transpose. Maka otomatis data yang kamu copy sebelumnya dapat di paste dengan format ke bawah. Lakukan semuanya beserta variabel terkait penelitian.

 Hari ini saya dikasih pola bagaimana cara Lakukan Ini Sebelum Input Data Ke SPSS
Transpose Data
Gambar: dokumentasi pribadi

Nah, sekian dulu dari saya. Nanti insya Allah lanjut lagi ya...


EmoticonEmoticon