Friday 19 January 2018

Kebiasaan Gres Qifaya : Jadi Tim Pembersih Kamar Mandi

Qifaya, anak pertamaku, beberapa hari ini mempunyai kebiasaan gres yang tidak mengecewakan unik. Hari itu, ketika saya memintanya untuk mandi pagi, yang kebetulan sudah semenjak 2 bulan terakhir sudah dapat mandi sendiri (meski belakangan harus disiram lagi alasannya yakni masih banyak sabun melekat di badannya), tiba-tiba membuka pintu kamar mandi dan berteriak kecil meminta izin untuk membersihkan kamar mandi. Saya yang sendirinya malas membersihkan kamar mandi, tiba-tiba tercengang dan sedikit senang (akhirnya ada yang bantu wkwkwk) dan segera mengiyakan seruan anak kecil yang satu ini.
Qifaya lagi bersihkan wc
Mungkin saja, bagi sebagian orang akan menyangka bahwa saya kok ya pemalas banget, kerjaan kayak gini kok dikasih ke anak 4 tahun (yang dalam 2 bulan jadi 5 tahun) bukannya dikerjakan sendirian saja. Bukankah anak usia segitu harusnya main aja, berguru aja. Yah, saya pemalas, saya akui tapi semalas-malasnya saya, bila anak saya meminta sesuatu yang tidak masuk akal, misal minta izin naik perbaiki genteng, tentu saya tidak akan memperlihatkan izin, ataukah minta izin pergi belanja bulanan, ya tentu tidak. 

Bagi saya, membersihkan kamar mandi juga merupakan suatu pendidikan bagi anak. Pertama, mereka berguru kebersihan, meski niscaya hasil kerjanya tidak akan sebersih hasil kerja kita orang dewasa. But yeah, setidaknya mereka mau berusaha :) Saya rasa itu sudah jauh dari kata cukup. Kedua, mereka berguru bertanggung jawab. Setiap hari memakai kamar mandi, masa iya tidak mau dibersihkan. Kalau higienis kan mereka sendiri yang bahagia. Ketiga, berguru fokus. Anak-anak fokus mencari mana saja kotoran yang ingin diberantas, dan yang terakhir mereka dapat bersenang-senang alasannya yakni dapat main air lebih usang :)

Saya juga belum tahu, hingga kapan kebiasaan ini akan Qifaya laksanakan, yang terang ketika ini setiap pagi doi rutin membersihkan kamar mandi. Mulai dari kloset hingga lantai kamar mandi. Pesan saya hanya satu, jangan memakai cairan pencuci kamar mandi ya... And you know what? Dia memang tidak memakai cairan tersebut, melainkan memakai sabun mandi kami wkwkwkw berarti siap-siap menambah budget untuk beli sabun bulanan :)


EmoticonEmoticon