Sunday 21 January 2018

Bayiku Kena Sarampa Aka Gabak, Penyakit Ini Bukan Campak Loh

Sudah 3 hari adek B suhu tubuhnya naik turun, jikalau naik sanggup hingga 38 derajat celcius. Saya gak begitu khawatir, lantaran saya pikir demamnya efek gigi mau tumbuh. Saat ini memang gigi adek B penggalan bawah sudah hampir muncul ke permukaan, jikalau diraba maka akan terasa keras. Saya dengan pedenya tidak memperlihatkan apa-apa ke adek B, cukup ASI dibanyak-banyakin. Tapi kok ya adek B makin rewel aja. Setiap dikala mau ditemani mami terus, mau dekat-dekat mami terus. Gak biasanya adek B kayak gini.

Kamis, 6 September kemarin, pagi-pagi sekali adek B berdiri dengan tangisan keras, tampaknya sedang kesakitan. Saya meski sadar adek B gak akan ngerti, tetap tanyain, "kenapa dek? mana yang sakit sayang?" Lantas adek B tetap nangis hingga digendong dan kupeluk manja, gres deh adek B senyum-senyum tapi masih tampak lemas. 

Foto diambil dikala konsul lewat wa
sama dokter kenalan suami
Saya yang kebiasaan memandikan belum dewasa di atas jam 8 pagi, sebelum itu saya niscaya menyiapkan sarapan dulu sambil bersih-bersih, sehabis semua beres, saya berniat memandikan adek B. Kagetnya bukan main pas baju adek B saya buka, tubuhnya dipenuhi dengan bintik merah, mulai dari kaki hingga dada. Saya eksklusif memanggil suami saya yang kebetulan belum berangkat kerja, suami eksklusif menghubungi temannya yang dokter dan memotret gejalanya, salah satunya pengecap yang putih.

Tapi lantaran terlalu khawatir dan tiba-tiba begini, saya eksklusif googling dokter seorang jago anak terdekat dan buka praktek pagi. Nah, ketemulah dokter gede, jaraknya sekitar 4 km dari rumah dan dia buka praktek pagi hari. Kami eksklusif buru-buru membawa adek B ke dokter. Sampai di dokter, bintiknya malah muncul di penggalan wajah. Saya tambah kaget. 

Setelah diperiksa sama dokter, untung sekali dokternya nih baik banget, dr gede menyampaikan bahwa ini namanya penyakit gabak. Saya yang kebingungan, malah ditanyain asal mana sama pak dokter, saya jawab saja kalau saya dari Makassar. Eh, pak dokternya malah ngomong gini, "ohh kalau di Makassar ini namanya sarampa, bu!"

Eh, dokternya gaul juga, sehabis ngomong saya asal Makassar, dokternya malah dongeng ternyata punya kenangan di Makassar :D eh, malah curhat. Dokter bilang, penyakit ini disebabkan oleh virus, sanggup di dapatkan di tempat-tempat umum. Saya jadi ingat sebelum adek B demam memang kami abis jalan-jalan ke mall PTC. Mungkin dikala itu ada orang yang terinfeksi virus ini, malah menularkannya ke adek B.

Lanjut lagi dokternya berkata bahwa penyakit ini lantaran disebabkan oleh virus, maka tidak perlu dikasih antibiotik, hanya dikasih vitamin C untuk imunitasnya dan obat penurun demam semoga demamnya tidak tinggi. Well, saya lanjut tanya, apakah boleh anak saya dimandikan dan kena AC? Soalnya ya, di kalangan orang jaman dulu katanya kalau kena sarampa, gak boleh kena air dan dingin. Dokternya malah bilang, kalau bintiknya ini kena air atau gak ya tetap aja bintik, kena AC juga kayak gitu. Hanya saja demamnya yang perlu diperhatikan, soalnya ya kalau kita saja orang remaja yang demam trus kena air masbodoh dan AC, niscaya malah menggigil. 

Obat Demam dan Vit C
Saya suka sih sama klarifikasi dokter gede, mana dokternya keliatan happy banget menjelaskan, gak kayak dokter kemudian lalu yang saya kunjungi, serem banget heheh.. Mana tempatnya elok pula, disediakan air mineral dan kawasan bermain untuk anak. Si abang malah happy banget. tempatnya juga bersih, ada nursing room dan kawasan khusus untuk bayi ganti popok. Intinya top deh.. Tapi meski top banget, semoga ga tiba lagi deh kesini :D gamau belum dewasa sakit lagi.

Praktek dr. gede
Oh iya, penyakit sarampa atau di jawa dikenal dengan nama gabak, bukan penyakit campak ya mams.. Keliatannya memang mirip, tapi bahwasanya bukan. Penyakit ini juga menular lantaran disebabkan oleh virus, dan hanya sanggup hilang ketika imunitas badan meningkat. Oleh lantaran itu, penderitanya gak usah dikasih macam-macam deh, cukup dikasih makan yang bergizi dan vitamin penambah imunitas jikalau perlu (salah satunya vit C).

Seharusnya hari ini adek B sudah memulai MPASI pertamanya, namun atas saran dokter gede yang menyampaikan bahwa tidak usah terburu-buru, tunggu adek B sehat dulu, jadi mami agak murung deh. Padahal sebelumnya sudah semangat banget buat MPASI.

Qadarullah adek B kena sakit, semoga cepat sehat ya, dek...

=========================UPDATE===================
Alhamdulillah, adek B sembuh sehabis 2 hari kemudian. Buat buibu yang anaknya kena sakit begini juga, saya sangat menyarankan jangan dikasih sembarangan sebelum konsultasi sama dokter seorang jago anak ya... Takutnya penanganan tidak tepat, malah jadi semakin parah.

Semoga belum dewasa kita sehat selalu ya..


EmoticonEmoticon